Langsung ke konten utama

Eksotisme Curug Muarajaya-Majalengka diantara Curug-curug Terkenal Lainnya diJawa Barat

Setelah kita membahas keindahan panorama terasering Argapura-Majalengka, kini saya membahas tentang curug Muara Jaya atau yang dikenal dengan curug Apuy dan mencoba membandingkannya dengan beberapa curug yang terkenal diJawa Barat, ternyata curug Muara Jaya tidak kalah menarik dibandingkan dengan curug yang sudah terkenal itu. Berikut adalah curug-curug yang terkenal diJawa Barat.

1. Curug (air terjun) Maribaya

Curug Maribaya

Curug Maribaya terletak didesa Maribaya, Lembang Jawa Barat, tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air Terjunnya ini beasal dari aliran sungai Cikawari dan Cigulung. Saya pribadi pernah main ke Curug Maribaya ini sekitar tahun 1986. Alamnya yang sejuk dan udara segar benar-benar membuat hilang semua kepenatan yang ada.

2. Curug Malela
Curug Malela
Curug ini terletak didesa Cicadas, Rongga, Bandung Barat. Keindahan curug ini sudah demikian dikenal dikalangan Treveller. bahkan saking indahnya curug ini dijuluki sebagai Niagara Mini diUjung Barat Bandung. Curug yang terletak diperkebunan Montaya ini terletak diketinggian 1000m dpl, dengan lebar curug 70m dan ketinggian curug 60m.

3. Curug Cinulang

Curug Cinulang
Curug Cinulang terletak diperbatasan Kabupaten Bandung dan Garut, tepatnya didesa Sindulang, Sumedang. Curug ini mempunyai 2 curug dengan ketinggain curug 50 m. Curug ini diabadikan dalam sebuah lagu karya Yayan Djatnika, Curug Cinulang, dipopulerkan oleh Alm Darso.

4. Curug Cimahi 
Curug Cimahi
Curug Cimahi terletak dijalan kol Masturi, Cisarua, Bandung Barat. Tinggi curug ini sekitar 70m.

5. Curug Muara Jaya, Argapura-Majalengka

Curug Muara Jaya (apuy), Argapura, Majalengka

Inilah salahsatu curug yang paling terkenal diantara banyak curug yang ada diKabupaten Majalengka, terletak dikampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Majalengka. Curug Muara jaya terletak pada aliran sungai Muara Jaya, diketinggian 1300 m dpl, dilereng Gunung Ciremai. 

Curug ini adalah jenis curug bertingkat (cascade) dengan ketinggian keseluruhan air terjun sekitar 73 m. 
Curug MuaraJaya

Untuk menempuh ke Lokasi Curug Muara Jaya kita menempuh jalan yang sempit dan terjal, bahkan rusak dibeberapa tempat, itu yang jadi kendala, kalaulah ada sentuhan dan bantuan Pemda setempat dengan pembenahan Infrastruktur menuju dan dikawasan curug, Insya Allah curug ini bakal menjadi terkenal sebagai mana curug-curug yang sudah dibahas diatas.

Tetapi semua terbayarkan ketika dalam perjalanan kita akan menemukan banyak panorama keindahan alam Argapura, Terasering argapura dan beberapa titik/lokasi yang sangat indah seperti kita berpijak diatas awan.

Argapura, Majalengka











Komentar

Evi mengatakan…
Keren-keren banget foto-foto curugnya, Mas. Bravo.
Pridiana Oskandar mengatakan…
Majalengka tak kalah keren curug nya mbak Evi. :)

Postingan populer dari blog ini

RM Sawah Aki Majalengka, Kuliner Majalengka dengan Konsep Pedesaan

Salah satu kuliner unggulan Kabupaten Majalengka adalah Rumah Makan Sawah Aki, dengan konsep unik yaitu Alam pedesaan, kita bisa menikmati makanan dalam saung-saung secara lesehan yang tersebar ditengah-tengah pesawahan padi dan ladang jagung, sehingga kita bisa melihat petani yang sedang beraktifitas, ada pula tempat outdoor yang luas untuk karokean dengan daya tampung 100 orang. Nilai Plus lainnya adalah adanya koneksi Wifi gratis, so kta bisa menikmati makanan sambil internetan. Lokasinya diDesa Kulur, Sindang kasih, Majalengka. Terletak diketinggian sehingga kita bisa melihat pemandangan kota Majalengka dibawahnya. Konsep saung-saung lesehan yang nyaman

Asal Mula dan Sisi Lain Desa Bojong Cideres

Sebelum menjadi desa Bojong Cideres, sebelumnya nama daerah ini adalah kampung Bojong maung, disebut Bojong Maung karena memang didaerah ini dahulunya adalah hutan belantara yang banyak berkeliaran harimau-harimau. Waktu itu belum ada jalan/jalur Bandung-Cirebon, karena jalan tersebut dibangun oleh Herman Willem Daendels, Gubernur Jenderal Belanda sekitar tahun 1809M.  Sementara perkiraan penulis, bahwa kampung Bojong Maung ini kemungkinan dibuka oleh prajurit Cirebon yang lari dari pertempuran diSumedang Larang itu sekitar tahun 1585M. Pada tahun 1890M diadakan pertemuan antara tetua kampung, dan akhirnya sepakat untuk mengganti nama kampung Bojong Maung dengan sebutan kampung Bojong Cideres, Cideres diambil dari nama sungai yang mengitari wilayah itu. Foto Keluarga H.Syamsuri, Bojong Cideres Foto diatas diambil pada desember 1977, foto paling atas adalah salah satu keluarga 'asli' pendiri Bojong Cideres, keluarga H. Syamsuri/Deswi. yang sekarang tempatnya sudah didudu

WaterPark Jembar Raya, Wisata Air terbesar diMajalengka

Wahana air Jembar Raya ini terletak didesa Ranji, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, ada banyak petunjuk jalan kalau Anda berniat berwisata ke sana. Bisa masuk lewat Jalan Desa Gunung Sari, atau lewat Sukaraja. Konsep yang diambil dari waterpark yang dikelola pengusaha Pribumi asal Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Iif Rivandi, adalah Binatang Purbakala, Dinosaurus. Puluhan patung-patung Binatang Raksasa ini menempati setiap sudut Waterpark, disesuaikan dengan ukuran asli binatang, jadi selain berlibur juga bisa untuk media pembelajaran pengetahuan untuk anak-anak. Pemberian nama Jembar Raya disesuaikan dengan Induk Badan Usaha Genteng Jembar Raya. Salah satu perusahaan genteng Jatiwangi terbesar yang ada diMajalengka. Waterpark Jembar Raya